karena yang telah aku tulis bukan berarti aku yang menjadi peran utamanya.
aku persembahkan sebuah tulisan dari jari jemari yang lentik, yang menari nari dengan indah di atas keyboard.
selamat membaca :)

Sabtu, 04 Januari 2014

kecerdasan buatan

Hallo guys kali ini saya akan membicarakan tentang kecerdasan buatan manusia. 

Dizaman yang modern ini bagi sebagian banyak orang beranggapan apa yang dikatakan tidak mungkin dapat menjadi mungkin, karena faktanya sudah banyak kecerdasan manusia yang sudah marak digunakan oleh manusia sendiri. Contoh sebuah benda hasil kecerdasan buatan manusia adalah handphone dimana dengan handphone ini kita dapat berbicara dengan jarak yang jauh dan dapat menulis pesan singkat. Namun di zaman ini handphone tidak lagi hanya dapat mengirim pesan singkat dan menelefon saja zaman membawa handphone ini semakin canggih, handphone yang canggih itu di berinama smart phone, dimana smart phone ini dapat internetan, memdownload aplikasi, mendengarkan musik dan lain sebagianya. Dizaman ini mungkin handphone sudah hampir menjadi kebutuhan primer, dan manusialah yang mencari ide-ide agar model dan kecanggihan handphone sendiri dapat berkembang lebih menarik dan gengsi tentunya. 

Kini begitu banyak merek-merek handphone yang namanya sudah membuming, merek-merek handphone yang sedang membuming saat ini diantranya ada iphone, Samsung, Nokia,  mereka selalu berlomba lomba mengeluarkan desain dan model handphone terbaru dan canggih.

 Kali ini saya sedang tertarik dengan handphone bermerek iphone, karena kabarnya di tahun 2014 ini Apple mengeluarkan lagi model terbaru yang berbeda dari sebelumnya.   


Konsep baru generasi hp ponsel berikutnya adalah iOS 7 dan iPhone 6. IPhone 6 konsep baru diciptakan dan dirilis dilengkapi dengan kamera 3D dengan layar penuh.
Konsep iPhone 6 dengan kamera 8MP 3D, kamera FaceTime HD dengan 3.2MP ukuran layar 4,8 inci.

ini dia iphone terbaru yang rilis di tahun 2014 yaitu iphone 6
     
                 
Untυk spesifikasi iPhone 6, ponsel іnі konon аkаn dilengkapi layar Super HD ԁаn kamera ԁеnɡаn kinerja Ɩеbіh bаіk. Report іnі dikonfirmasi οƖеh Peter Misek, analis ԁаrі Jefferies, mengatakan bahwa iPhone generasi terbaru kemungkinan аkаn menggunakan layar IGZO υntυk Retina+ serta memiliki kapasitas 128GB. Report lain mengklaim bahwa iPhone 6 аkаn аkаn menawarkan 6 ѕаmраі 8 warna уаnɡ berbeda υntυk menarik generasi muda ԁаƖаm membeli handset 

ini video tentang desain iphone 6


Minggu, 17 November 2013

enkripsi dengan menggunakan kode caesar

saya telah mencoba untuk enskripsi menggunakan kode caesar saya menggunakan alamat website
http://online-calculators.appspot.com/caesar/



setelah itu saya menulis kalimat "aku anak sehat tubuh ku kuat"


dan hasil nya "xhr xkxh pbexq qryre hr hrxq"


itulah hasil percobaan saya menggunakan enkripsi ceasar .

Minggu, 29 September 2013

deskripsi diri

Nama saya Ratu Ana Sofiana. Saya biasa dipanggil Ana. Saya dilahirkan di kota  Serang – Banten. Saya lahir pada tanggal 26 juni 1995 di Bidan Ponirah. Saya terlahir di keluarga sederhana. Ayah saya bernama Tubagus sudrajad dan ibu saya bernama Ipah Rosipah . Ayah saya yang saya anggap sebagai super hero bekerja sebagai PNS di Serang. Sedangkan ibu saya yang saya anggap sebagai ibu peri bekerja sebagai Guru SD. Saya anak ke dua dari tiga bersaudara. Tubagus Reza Rafsanjani Rosadi , kakak pertama saya yang masih kuliah di Universitas Pasundan – bandung, dia juga pernah menjalani pendidikan di Universitas Padjajaran - bandung disana iya menempuh pendidikan D3 ilmu komunikasi dan sekarang dia melanjutkan pendidikan S1 di UNPAS. Dan adik saya, Tubagus Dzikri Fahruroji yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar Kami tinggal di komplek Harjatani Permai blok J no.5 RT.02 RW.04 kec.kramatwatu Serang – Banten.
sekarang saya menjalani pendidikan di semarang tepat nya di Universitas Diponegoro S1 jurusan sastra indonesia. flashback, pertama kali saya menempuh pendidikan di bangku sekolah dasar di SDN HARJATANI, setelah lulus saya pun melanjut kan lagi ketingkat selanjut nya dan duduk di bangku sekolah menengah pertama di SMPN 1 KRAMATWATU, setelah lulus di sekolah menengah pertama saya pun melanjutkan kembali ke tingkat selanjut nya dan duduk di bangku sekolah menengah atas di SMAN 1 KRAMATWATU, setelah lulus sekolah menengah atas saya melanjut kan ke perguruan tinggi negri di UNIVERSITAS DIPONEGORO saya dapat masuk di PTN ini melalui jalur UM S1. semoga dapat lulus tepat pada waktu nya ! amin ;)

my imagination (flaying car)

                Nama ku ratu ana sofiana aku seorang mahasiswi di Universitas Diponegoro, dan sebagai mahasiswi yang di kategorikan sudah mejadi dewasa,aku memiliki impian, angan, dan khayalan yang aku satukan di dalam imajinasi ku. Aku yakin setiap manusia pasti memiliki imajinasi nya masing masing begitu juga dengan aku, dan inilah imipian, angan, dan khayalan ku yang aku satukan di dalam imajinasi ku.

                Di zaman modern ini merubah penilaian seseorang yang awalnya menilai tidak mungkin dapat menjadi mungkin, bagaimana tidak ? zaman sudah berubah, tidak seperti dahulu yang semua di kerjakan oleh tenaga manusia. zaman modern ini dapat di katakan zaman yang canggih, karena kenapa ? manusia semakin pintar untuk mewujudkan impian khayalan dan angan nya menjadi nyata !. sudah banyak bentuk kecanggihan kecanggihan yang awal nya hanya impian seseorang lalu dapat menjadi nyata. Salah satu contoh tersebut adalah barang handphone, jika kita flashback ke jaman dahulu sungguh sangat berbeda, dulu jika kita ingin komunikasi jarak jauh, kita hanya dapat berkomunikasi melalui surat menyurat, sekarang kita lebih di permudah oleh adanya alat komunikasi jarak jauh memalui handphone. Namun tidak hanya itu masih banyak lagi kecanggihan kecanggihan di zaman modern ini.

                Disini saya akan menuliskan tentang impian saya, angan saya dan khayalan saya yang saya satukan dalam imajinasi saya tentang dimasa yang akan datang , dan majinasi saya tertuju pada sebuah mobil yang dapat terbang ,sudah banyak di film film atau acara tv yang menayangkan adegan dimana sebuah mobil dapat terbang di udara. Mungkin untuk saat ini, itu hanya rekaan saja tapi di masa yang akan datang mungkin itu dapat terwujud di dunia nyata. Mobil yang dapat terbang ini mungkin tidak dapat  terbang tinggi seperti pesawat terbang, dengan ada mobil terbang ini  dampak positif yang di timbulkan adalah mengurangi kemacetan di jalan raya, dan negatifnya mungkin penumpang pesawat terbang akan mengalami pengurangan penumpang.  Dan Saya yakin akan timbul pertanyaan  seperti ini  “apa mungkin mobil dapat terbang di udara ?” saya rasa itu mungkin terjadi karena di zaman yang serba modern nan canggih ini semua dapat menjadi mungkin. Selama pendidikan masih berjalan terus dan selama masih ada manusia yang berfikir kreatif, saya yakin semua akan menjadi mungkin.

Jumat, 14 Juni 2013

dan seseorang yang aku cari itu adalah sosok seperti kamu

   kenapa sosok seperti mu hanya memiliki waktu yang singkat untuk menemani juga mewarnai hari hari ku ? kenapa ?! padahal sosok seperti mu yang aku cari selama ini. dan kenapa harus mendekati akhir aku di pertemukan dan di izinkan dekat dengan mu, kenapaa ?! kamu memang tak lebih dari seorang teman, tapi mengapa aku harus merasakan kehilangan sosok seperti mu ? apa karena aku sudah terbiasa berbagi canda, dan tawa  dengan mu ?  yaa, mungkin bisa jadi karena itu. 
 
    siapa sih manusia yang tau kapan sebuah rasa akan hadir ? dukun ? paranormal ? ah mereka juga kadang meleset. aku engga pernah tau kapan rasa itu hadir, aku juga engga pernah berharap dengan keberadaan rasa itu, dan aku engga pernah ngerti kenapa harus kamu orangnya.otak dan pikiran ku seakan akan beku tak dapat menjawab semua pertanyan aku sendiri, yaa sudahlah, tak perlu di jawab. aku anggap semua tanya ku itu adalah sebuah misteri.
   
     waktu yang aku benci adalah waktu dimana aku belum tertidur di tengah malam, karena kenapa ? karena di waktu itu sosok bayangan mu datang dalam ingatan, berusaha mengajak ku, dan memaksa ku untuk kembali mengingat ke masa dimana aku dan kamu masih selalu bertatap muka di setiap harinya. aku berusaha untuk tidak terbawa dalam suasana heningnya malam, namun aku tak sanggup aku pun mulai terbawa dan kembali mengingat semuanya, ya semua warna hidup ku yang pada saat itu pernah kamu torehkan dengan manis.
 
    kalian pernah engga ngerasain apa yang pengen banget kalian rasain dari orang yang pernah masuk di dalam hidup kalian tapi engga kalian dapetin dari mereka orang yang pernah masuk dalam hidup kalian ?
dan kalian pernah engga ngerasain apa yang kalian pengen rasain itu dari orang yang kalian sayang tapi malah kalian dapetin semua yang pengen kalian rasain itu dari orang lain sebut saja teman ?
aku yakin kalian pasti pernah merasakannya, ya merasakan apa yang aku rasakan pada saat itu.
 
    awalnya aku tak pernah menghiraukan keberadaannya di dekat ku, aku sama sekali tak peduli dengan keberadaannya. hingga pada waktu nya entah kenapa aku mulai merasakan kehadiran nya di dekat ku, sesekali aku sering memperhatikannya, ya memperhatikan tingkah nya, dan sering kali aku tersenyum dan tertawa karenanya. entah semua nya berubah aku malah mulai ketergantungan olehnya, jika suatu hari dia tak hadir, rasa sepi itu seakan akan sangat lah melekat pada ku mungkin itu karena aku sudah terlalu sering di ganggu olehnya, di bikin kesal olehnya, dan di bikin tertawa juga tersenyum olehnya. aku mulai bingung dengan apa yang aku rasakan, semuanya terasa sangat berbeda dengan bagian awal.
   
     hingga pada saat itu aku lebih menyukai tengah malam karena di saat tengah malam itu sambil berbaring diam diam aku sering kali mengingat tingkah dia perlakuan dia kepada ku, aku hanya dapat tersenyum kecil disaat mengingatnya. aku benar benar merasakan apa yang sudah lama ingin aku rasakan dari orang yang aku sayang namun aku tak dapatkan semua itu dari mereka. semua yg ingin aku rasakan aku dapat kan dari dia, ya dia, orang yang tiba tiba hadir, mengganggu ku, dan memberi warna di hidupku.
    bersambung...

Kamis, 06 Juni 2013

karena cinta aku rela berbagi

Sore itu seperti biasa aku mengelilingi kota jogjakarta dengan sepedah kesayangan ku sepedah mana lagi kalau bukan sepedah pemberian alm kakek ku, aku jadi teringat di saat kakek memberikan sepedah itu untuk ku, memang sepedah itu sudah tua tapi jangan salah 100% masih layak pakai, body nya masih oke, besi sepedah engga ada yang karatan secuil pun :D kakek sangat amat merawat sepedah itu maklum sepedah kesayangan. kakek memberikan sepedah itu saat aku duduk di bangku smp kelas 8, wktu itu kakek dalam keadaan sedang sakit. karena kakek sangat amat menyayangi sepedah nya hingga ketika sakit pun kakek masih teringan sepedah nya itu dia takut bila nanti dia sudah tak lagi di dunia sepedah itu tak ada yang merawat nya nah karena cucu yang paling suka berpetualang dan berjalan-jalan itu aku akhir nya kakek putuskan untuk memberikan sepedah kesayangan nya itu pada ku, aku  sangat senang sekali saat itu namun kesenangan itu di  gantikan dengan kesedihan karena  kakek harus meninggal kan aku, nenek, semua anak nya dan cucunya, tapi aku janji dengan kakek akan merawat sepedah kesayangan kakek  dengan baik ;)  .

***

Hal yang paling mengasikan adalah berjalan-jalan mengitari kota jogjakarta menggunakan sepedah keeesayangan, sambil bersantai-santai melihat keramayan di kota tercinta ini :D. aku terus menggoes tiada lelah nya melewati gang-gang sempit hingga melewati jalan-jalan besar  sebut saja jalan raya hehe . namun, mungkin kekurang beruntung nya aku untuk hari ini, aku terjebak hujah di tengah ramai nya kota, hingga aku harus berhenti menggoes dan meneduh menunggu hujan berhenti.

***

Di saat aku sedang berteduh aku melihat toko lukisan, tanpa basa basi aku masuk dan melihat-lihat sebuah karya seni lukis itu . woow ketika aku masuk dan melihat-lihat nya benar-benar sangat indah campuran warna yang lembut namun terlihat seperti nyata. Aku bertanya-tanya dan membayangkan “seorang pelukis yang dapat melukis seindah ini, pasti dia mempunyai imajinasi yang tinggi dan dia juga memiliki tangan yang indah” ujar ku di dalam hati . tapii aku sempat shock ketika aku menoleh ke arah kiri dan melihat kebawah seorang bapak-bapak kira-kira berumur  50an tahun sedang melukis menggunakan kaki, bukan karna dia ingin mencari sensasi tapi memang karna ia tidak mempunyai kedua tangan.  “ permisi pak, boleh saya melihat-lihat lukisan bapak ?  sekalian menunggu hujan berhenti” tegur ku kepada bapak itu,  “ oh silakan ndo  lihat-lihat saja maaf yah kalau memang lukisan saya ini sedikit berantakan, maklum pakai kaki ” jawab nya dengan ramah, “terimakasih pak, oh tidak kok pak lukisan bapak sangat indah dan sangat menarik, saya kagum dengan bapak melukis menggunakan kaki namun hasil nya tidak seperti menggunakan kaki ” . “ ah ndo ini bisa saja, roy roy “ bapak itu memanggil seseorang entah itu siapa, namun ketika muncul . “ iya pak” seru seorang itu. Subhanaallah “maaf pak, itu siapa ?” bisik ku , “ itu anak bapak, roy tolong ambilkan minum untuk tamu kita ini yah” , “ eh engga ush repot-repot pak saya juga ingin pulang, kebetulan hujan nya sudah berhenti, kapan-kapan saya pasti kemari lagi, sekali lagi terimakasih pak, permisi” tanpa ku hirau kan panggilan bapak itu aku cepat-cepat memutar balik kan sepedah ku dan mulai menggoes, aku pun tidak mengerti apa yang membuat ku terburu-buru seperti itu, macam melihat hantu saja :D .

***

Di sepanjang perjalanan pikiran ku masih tertuju pada bapak pelukis dan anak nya, aku tak habis pikir begitu maha adil nya allah kepada hamba-hamba nya di sisi lain bapak itu memiliki kekurangan yang pasti sulit untuk menerima kenyataan tersebut namun di satu sisi lain nya bapak itu memiliki kemampuan, keahlian dan kelebihan yang tidak semua manusia normal dapat melakukannya dan bapak itu juga memiliki seorang anak yang memiliki tubuh yg normal dan bisa di bilang wajah anak itu tampan. tanpa sadar air mata ku tumpah dan mengalir di pipi ku, “ya allah jadikan lah hamba mu ini menjadi hamba yang selalu bersyukur” bisik hati ku . sesampainya di rumah aku membuka kamar papah dan mamah  namun rupanya mereka sudah tertidur pulas aku hanya dapat mencium kening kedua nya, dalam hati berkata “ terimah kasih pah, mah aya janji aya akan jaga kalian sama seperti kalian menjaga aya
sebelum aku tidur  seperti biasa aku harus melaksanakan tiang agama yaitu solat
.

***

Liburan ini sangat mengasikan walaupun tidak berpergian seperti hal nya orang-orang lakukan di saat liburan sekolah tapi aku sangat menikmati liburan panjang ini, hanya dengan berkeliling dengan sepedah, aku sangat menikmati nya . seperti biasa tak bosan-bosan aku berjalan-jalan dengan sepedah kesayangan ku ini melewati jalan yang sama namun tak ada kata bosan untuk ku . “ maah pahh aya pergi bersepedah dulu yah mamah sama papah hati-hati berangkat kerja nya daah daah papah dadaaah mamah” seru ku di luar rumah, “ iyah sayang kamu juga hati-hati ,pulang nya jangan larut malam seperti kemarin yah” teriak mamah.  aku menggoes sepedah ku menuju tempat toko lukisan yang sebelum nya pernah aku singgahi untuk berteduh saat hujan turun. Tapi kali ini aku datang bukan untuk berteduh melain kan untuk sekedar melihat-lihat lukisan baru bapak itu .
***


“Selamat pagi pak” tegur ku sambil melemparkan senyuman kepadanya, “eh ndo ayu, pagi ndo ada yang bisa bapak bantu?”, “hehe nama saya itu kanaya pak panggil saja saya aya bukan ayu, saya kemari hanya ingin meliahat lihat lukisan bapak yang terbaru, ada kan pak ?”, “ haha maaf yo, bapak kan tadi tidak tau nama mu nak, oh ada-ada sebentar, roy tolong ambilkan lukisan terbaru bapak di gudang penyimpanan lukisan”. Beberapa menit kemudian anak bapak itu datang dengan membawa lukisan yang cukup lebar dan panjang, namun kurasa anak bapak itu tak dapat melihat karena tatapan mata nya benar-benar kosong. “ ini pak, mau di simpan dimana ?”, “di disitu saja roy, simpan saja tidak ada barang-barang apa pun disana”, “iya pak, sudah roy letakan, roy pergi masuk kedalam dulu pak, permisi mba silakan melihat-lihat lukisan nya” seru anak laki-laki itu dengan sangat sopan “oh iyah, eh nama ku kanaya panggil saja aku aya”, “ aku roy, permisi” , “ roy awas itu tembok “,  #dug “ aaauu adduuhh tembok sialan”. Aku hanya tersenyum geli  “hati-hati toh kamu roy klo jalan, di raba-raba dulu dan jangan buru-buru seperti itu ”sahut bapak itu . “iyah pak” jawab roy malu . tidak butuh waktu lama roy pun masuk ke dalam . “ maafin anak bapak yah ndo, dia tidak dapat melihat makanya dia kurang sopan”
“oh, tidak apa apa pak” jawab ku dengan melemparkan senyuman kepada bapak itu, batin ku berbisik, ya allah menurut ku cobaan yang engkau berikan kepada bapak pelukis itu sangatlah berat, tapi aku yakin engkau tak akan memberikan cobaan pada hamba mu melewati batas kemampuan nya, aku yakin engkau maha adil ya rob. Air mata ku pun tak kuasa jatuh membasahi pipi ku.

***
tidak terasa waktu pun cepat berlalu, senja pun mulai menyapa. "pak aku pulang yah, aku takut pulang kemalaman, makasih karena sudah mengajarkan aku melukis, maaf merepotkan" aku pun berpamitan kepada pak danu, ya bapak pelukis itu bernama pak danu ia memiliki seorang anak laki laki bernama roy, istri pak danu sudah lama meninggal sejak melahirkan roy, bersyukur roy selamat namun tidak untuk istrinya. "oh, iya ndo sama sama, tidak kok ndo tidak merepotkan bapak senang malah ada kamu disini, maaf yah tadi bapak cerita panjang lebar, besok kamu kesini lagi yah" balas pak danu dengan akhiran senyum ramahnya. "tidak apa apa pak, oke siap ! aku pulang yaa pak sampai jumpa besok". "hati hati ndo" teriak pak danu. aku pun mengayuh sepedah ku kembali, melewati jalan yang selalu aku lewati.

***
bersambung

Jumat, 31 Agustus 2012

karena kata adalah do'a

kunci untuk bahagia adalah mempunyai mimpi, kunci untuk sukses adalah membuat mimpi menjadi nyata | semakin aku fokus pada impian ku, semakin cepat aku mencapai impian ku ! |sabar adalah jalan keluar bagi orang yang tidak menemukan jalan keluar ! | tidak ada masa depan yang gemilang bagi mereka yang telah menghilangkan pengharapan dan imannya ! |waktu tidak akan mengubah apapun, hanya anda yang dapat mengubah diri anda sendiri ! |ciptakan masa depan dengan masa depan anda bukan dengan masalalu anda ! | siapa yang dapat menahan amarahnya mampu mengalahkan musuhnya yang paling berbahaya ! | orang bijak adalah dia yang hari ini mengerjakan apa yang orang bodoh akan kerjakan tiga hari kemudian !